Minggu, 23 Maret 2014

Contoh wacana dari fungsi bahasa

TUGAS IV

Nama: Yohanes Sangkang
NPM: A1G011121
Tugas: Analisis Wacana

Contoh wacana dari fungsi bahasa.
1.      Fungsi personal atau pribadi atau emotif

IPK yang semakin turun membuatku kecewa, karena selama ini aku telah berjuang untuk mengejar IPK yang tinggi. Tapi, mungkin cara belajarku yang kurang teratur sehingga membuat IPK-ku seperti itu. Semoga semester ini IPK-ku meningkat.

2.      Fungsi direktif atau instrumental atau retorikal

Perhatian!
Bagi para pengguna sepeda motor, harap menggunakan helm Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk mengurangi risiko kecelakaan.

3.      Fungsi fatik atau interpersonal atau interaksional

Yohanes  : Hy Bang!
Eduward : Hy Nes.
Yohanes  : Apa kabar Bang? Lama ngga bertemu.
Eduward : Puji Tuhan, baik-baik aja Nes. Abang selama ini ke luar kota.
                  Gimana denganmu?
Yohanes  : Baik-baik juga Bang. Hari Minggu setelah Misa kemana Bang?
Eduward : Di rumah aja, Nes.
Yohanes  : Kalo gitu, main ke asramaku nanti Bang. Kami ada acara bakar-bakar
                  jagung.
Eduward : Oke, Nes. Nanti Abang ke asrama.
Yohanes  : Thanks Bang. Sampai jumpa.
Eduward : Sampai jumpa, Nes.

4.      Fungsi referensial, representasional, kognitif, denotatif, atau informatif

Untuk Mahasiswa PPGT semester VI.
Setiap hari Sabtu pukul 08.00, kita mengadakan gotong royong untuk membersihkan lingkungan asrama. Terima kasih


5.      Fungsi metalingual atau metalinguistik

Bunyi vokal adalah bunyi bahasa yang arus udaranya tidak mengalami halangan. Jenis vokal ditentukan oleh tiga faktor yaitu tinggi rendahnya posisi lidah, bagian lidah yang dinaikkan, dan bentuk bibir pada pembentukan vokal tersebut.

6.      Fungsi imajinatif

Ayah

Di mana … akan kucari
Aku menangis, seorang diri
Hatiku, slalu ingin bertemu
Untukmu, aku bernyanyi

Untuk ayah tercinta
Aku ingin bernyanyi
Walau air mata di pipiku
Ayah dengarkanlah
Aku ingin berjumpa
Walau hanya dalam mimpi

Lihatlah .. hari berganti
Namun tiada seindah dulu
Datanglah, aku ingin bertemu

Denganmu, aku bernyanyi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar